Breaking News

PANEN KARYA P5 DAN PENTAS SENI DARI SMP NEGERI 2 BAWANG BANJARNEGARADIPOSKAN PADA 6 MEI 2023 OLEH ADMIN SMPN 2 BAWANG[



Banjarnegara onenews– Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. 

P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu inovasi dalam kurikulm merdeka yang bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran baik dalam maupun luar kelas. 
P5 ini mulai di implementasikan baru pada kelas 7 di SMPN 2 Bawang Banjarnegara ini.

Ada 3 tema yang diambil untuk P5 di SMPN 2 Bawang Banjarnegara, pada tema 1 yaitu proyek Sejahtera Diriku karena Sehat Jiwa dan Ragaku yang bertema “Bangunlah Jiwa dan Raganya”, dengan melaksanakan proyek ini peserta didik akan dikenalkan pada cara menjaga Kesehatan mental, Kesehatan fisik, maupun Kesehatan spiritualnya yang akan membantu peserta didik dalam menjalani kegiatan belajar ke depannya dengan baik.

Kemudian tema 2 yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan yang mengangkat topik “karya cipta sampahku” kegiatanya diantara lain membuat poster sesuai dengan tema, membuat pupuk kompos dari dedaunan kering, membuat media tanam hidroponik dengan menanam sayur selada dan yang terakhir membuat karya dari barang-barang bekas atau sampah plastic.

Dan tema yang terakhir tema ke 3 yaitu Kearifan Local yang mengangkat topik “Pesona Batik Gumelem” yang merupakan batik khas dari kabupaten Banjarnegara. Pada tema ke 3 ini kegiatannya yaitu belajar tentang batik gumelem, bagaimana proses pembuatan batik gumelem dari awal sampai menjadi sebuah karya batik, kegiatan ini sekaligus untuk memperkenalkan budaya dari Banjarnegara.



Setelah dilaksanakanya ketiga tema tersebut SMPN 2 Bawang mengadakan kegiatan untuk memperlihatkan karya atau hasil yang diperoleh dari kegiatan P5 ini yaitu Panen Karya, pada Rabu 3 Mei 2023 dilaksanakan kegiatan Panen Karya dengan dibarengi Penampilan Pentas Seni dengan tema “Baper Rika Menjadikan Sekolah Bekarakter Kaya Hasil Karya siswa”.
Pada kegiatan ini ada banyak rangkaian acara yaitu pameran karya P5 dari kelas 7,pameran ini dibuat dan di pajang di setiap kelas masing-masing yang didesain dengan semenarik mungkin sehingga para tamu undangan tertarik untuk melihat karya dari siswa tersebut. 

Lalu ada pertunjukan pentas seni dari kelas 8 dan 9 yang menampilkan beberapa pertunjukan seni yaitu tari, karawitan, menyanyi solo dan kesinian tradisional music tek-tek, serta ada stand dari SMA dan SMK untuk menampilkan produk atau karya unggulan dari sekolah masing-masing sekaligus promosi kepada siswa kelas 9 yang akan segera lulus dan masuk ke sekolah tingkat selanjutnya.

Acara ini juga dihadiri dari berbagai kalangan masyarakat yaitu ada dari wali murid dari kelas 7, siswa dan guru sekolah dasar, perwakilan dari kecamatan bawang, Danramil, perwakilan dari dinas Pendidikan banjarnegara, komite sekolah dan masih banyak tokoh-tokoh lainya yang ikut hadir dan melihat acara panen karya tersebut.

Pewarta : Rodi AS
Editor.    : Nur s
© Copyright 2022 - Kabar One News