Breaking News

Refleksi Diri dan Doa Bersama: Rutan Banjarnegara Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H dengan Pengajian

 


Fhoto: acara menyambut 1 muharam 1446 hijriah   di Aula Gatot Kaca, Rumah Tahanan Banjarnegara (Rutan), Kabupaten Banjarnegara.


Banjarnegara, kabar.onenws.co.id- Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriyah, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banjarnegara menggelar pengajian dengan mendatangkan KH. Imam Al Ghozali selaku Pengasuh Pondok Pesantren Almubarok di Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara. 


Kegiatan pengajian kali ini dengan tema "Memupuk Kepedulian dan Mempererat Ukhuwah Islamiyah Menuju Pemasyarakatan Pasti Ber-AKHLAK", yang dilaksanakan di Aula Gatotkaca Rutan dan diikuti oleh Kepala Rutan, Pejabat Struktural, Seluruh ASN serta 133 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Sabtu (06/07).


Pengajian dimulai pada pukul 09.30 WIB yang diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur'an yang dibacakan oleh Saeful, selaku Staf Keamanan Pengamanan Rutan (KPR) dan pembacaan arti oleh Maharani, selaku Taruni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip). 


Suasana pun menjadi semakin khidmat dengan bacaan yang merdu dan penuh penghayatan. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh KH. Imam Al Ghozali.


Dalam tausiyahnya, beliau menyampaikan beberapa pesan penting yang sebelumnya diawali dengan memanjatkan doa untuk semua hadirin agar mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat serta menekankan pentingnya menghindari godaan setan yang menjerumuskan ke arah kemaksiatan, menganjurkan memperbanyak membaca kalimat Allah SWT, seperti dzikir dan wirid sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. 


Menjelaskan hikmah dari memperbanyak membaca Salawat Nabi. Mendorong kepada semua WBP dan para hadirin untuk dapat mengambil pelajaran dari setiap kesalahan yang diperbuat karena pasti ada hikmah di baliknya, Kemudian diakhiri dengan doa bersama.


"Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi momen refleksi bagi kita semua, khususnya bagi para warga binaan. Dzikir dan doa bukan hanya ritual, tetapi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendapatkan ketenangan hati, dan memperkuat keimanan. Mari kita manfaatkan momen Tahun Baru Islam ini untuk memperbanyak amal ibadah dan introspeksi diri agar kita selalu berada di jalan yang diridhai oleh-Nya," ujar KH. Imam Al Ghozali.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Rutan Banjarnegara, Bima Ganesha Widyadarma mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan kerohanian yang bertujuan untuk membentuk WBP agar dapat memperbaiki diri lebih baik dan tidak mengulangi tindak pidana serta bisa semangat dalam menjalani kehidupan. 


"Kegiatan pengajian ini diharapkan dapat memberikan pencerahan dan motivasi spiritual bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan. 


Dengan adanya kegiatan ini, kami ingin menanamkan nilai-nilai keagamaan yang kuat, sehingga mereka dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjadikan agama sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Semoga acara ini dapat membawa perubahan positif dan menginspirasi para warga binaan untuk terus berbuat kebaikan serta menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan," ujar Bima.


Ka. Rutan menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dari upaya Rutan Banjarnegara dalam membina dan mengarahkan para warga binaan agar menjadi pribadi yang lebih baik. "Kami akan terus mengadakan kegiatan serupa dan program pembinaan lainnya untuk membantu mereka dalam proses rehabilitasi dan reintegrasi ke masyarakat," pungkasnya .(Red)



© Copyright 2022 - Kabar One News