Breaking News

Hadiri Malam Renungan Suci; Meneladani Nilai Perjuangan Pahlawan Untuk Masa Depan NKRI

 






Kota Semarang, kabar.onews.co.id --Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Kota Semarang, pada Jumat (16/8/2024) tengah malam hingga Sabtu (17/8/2024) Dini hari.


Kegiatan yang merupakan bagian dari acara tradisi menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 ini digelar dengan tujuan untuk mengenang dan menghormati jasa para Pahlawan Kemerdekaan Indonesia.



Apel Kehormatan dan Renungan Suci tersebut dipimpin Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi yang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat utama Kodam IV Diponegoro dan Polda Jateng, serta jajaran Forkopimda Provinsi Jateng. Adapun pasukan Upacara terdiri dari gabungan unsur TNI, Polri, dan PNS.


Apel Kehormatan dan Renungan Suci dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dipimpin Komandan Upacara (Danup). Kemudian, Irup membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci, yang berisi penghormatan mendalam kepada para pahlawan dari berbagai latar belakang, termasuk TNI, Polri, PNS, Pejuang Rakyat, serta para pahlawan tak dikenal lainnya yang telah gugur dalam upaya memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia. 



Usai mengheningkan cipta, rangkaian upacara dilanjutkan dengan prosesi penyalaan obor di tugu peringatan TMP Giri Tunggal. Di penghujung acara, dilakukan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan sebelum diakhiri dengan doa dan laporan Komandan Upacara.


Usai kegiatan tersebut, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Artanto mengungkapkan bahwa acara tradisi Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini digelar sebagai bentuk refleksi bagi generasi penerus untuk mengingat dan meneruskan nilai juang yang telah ditinggalkan para pahlawan.



"Apel kehormatan dan renungan suci ini bukan sekadar tradisi tahunan, tetapi untuk mengingatkan generasi penerus akan nilai-nilai perjuangan yang telah diwariskan oleh para pahlawan. Dengan demikian akan semakin menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga keutuhan NKRI bagi para generasi penerus bangsa," ujar Kombes Pol Artanto. 


Ia juga menambahkan bahwa momen seperti ini memiliki makna yang mendalam, terutama di era yang serba cepat seperti sekarang.



 “Saat dunia bergerak begitu cepat, penting bagi kita untuk sejenak berhenti dan merenungkan kembali apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan. Ini adalah momen untuk mengingat bahwa kemerdekaan bukanlah hadiah, melainkan hasil dari perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa,” tambahnya.


Meskipun berlangsung pada dini hari, acara yang khidmat ini bukan hanya menjadi momen penghormatan, tetapi juga kesempatan refleksi bagi seluruh peserta sebagai generasi penerus bangsa untuk merenungkan arti kemerdekaan, serta nilai-nilai perjuangan dan pengorbanan yang telah diberikan oleh para pahlawan.


Pewarta : Purwo S

Editor :  Nur S

© Copyright 2022 - Kabar One News