Breaking News

Satsamapta Polres Purbalingga Juara Lomba Pleton Urai Massa Tingkat Polda Jateng

 



Purbalingga, kabar.onenews.co.id --Satsamapta Polres Purbalingga berhasil menjadi juara pertama Latihan Peningkatan Kemampuan Ton Raimas yang diselenggarakan oleh Direktorat Sabhara Polda Jateng. Lomba di gelar di Sirkuit Mijen, Semarang beberapa waktu yang lalu.

Kasat Samapta Polres Purbalingga Iptu Tri Haryanto,S.H. menjelaskan bahwa Satsamapta Polres Purbalingga mengirimkan Pleton Pengurai Massa (Raimas) yang berjumlah 30 orang untuk mengikuti lomba.

"Alhamdulillah berkat kerja keras dan komitmen yang tinggi para personel, kami berhasil meraih juara pertama tingkat Polda Jawa Tengah," ucapnya, Kamis (5/9/2024).

Disampaikan bahwa sebelum pelaksanaan lomba di tingkat Polda Jateng, sudah dilakukan seleksi di wilayah eks Polwil Banyumas. Tim Samapta dari empat polres yaitu Polresta Banyumas, Polresta Cilacap, Polres Purbalingga dan Polres Banjarnegara dilakukan penilaian.

"Hasil penilaian di ekswil Banyumas kami berhasil menjadi juara pertama, sehingga melanjutkan lomba ke tingkat Polda Jateng," ungkapnya.

Menurut Kasat Samapta untuk menghadapi lomba tersebut kami melaksanakan latihan secara rutin. Latihan melibatkan 20 personel Raimas, 10 personel pengendara motor, 1 unit mobil patrol, 1 unit ambulans, serta 3 anggota K9 dengan 1 unit mobil K9. 



"Keberhasilan ini merupakan hasil dari latihan yang intensif dan persiapan yang matang. Tidak lepas dari latihan-latihan yang rutin dilaksanakan," katanya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa metode latihan yang diterapkan sangat realistis, dimana personel Raimas dihadapkan dengan situasi massa yang benar-benar kacau dan rusuh. Tujuan dari latihan ini adalah untuk membiasakan personel dalam menghadapi situasi yang eskalatif secara nyata.

"Dengan demikian mereka mampu bertindak dengan cepat, tepat, dan profesional di lapangan. Latihan ini melibatkan skenario penanganan massa berdasarkan eskalasi situasi, yang kami bagi ke dalam tiga tingkat masing-masing hijau, kuning dan merah," ucapnya.

Kasat Samapta menambahkan pihaknya akan terus melaksanakan latihan peningkatan kemampuan. Sehingga bisa melaksanakan tugas secara profesional sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Keberhasilan ini juga tidak lepas dari dukungan Bapak Kapolres Purbalingga yang terus memberikan motivasi dan semangat bagi personel Satsamapta untuk giat berlatih," pungkasnya.

Dari data, penilaian dalam lomba meliputi sikap tampang dan administrasi perorangan, kesiapan kendaraan dan alat khusus Raimas, serta kemampuan menangani permasalahan sesuai dengan skenario penanganan yang diatur dalam Perkap No. 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

Hasil lomba Latihan Peningkatan Kemampuan Ton Raimas tingkat Polda Jateng, juara pertama diraih oleh Polres Purbalingga, juara kedua diraih Polres Tegal Kota, dan Polres Karanganyar sebagai juara ketiga.  


Pewarta: Ifan S

Editor : Nur S 

© Copyright 2022 - Kabar One News